BAB
I
PENDAHULUAN
TERAPI
AKTIVITAS KELOMPOK : STIMULASI PERSEPSI
Terapi aktivitas kelompok (TAK) stimulasi
persepsi adalah terapi yang menggunakan
aktivitas sebagai stimulus dan terkait dengan pengalaman dan/atau kehidupan
untuk didiskusikan dalam kelompok. Hasil diskusi kelompok dapat berupa
kesepakatan persepsi atau alternative penyelesaian masalah.
TUJUAN
Tujuan
umum TAK stimulasi persepsi ialah klien mempunyai kemampuan untuk menyelesaikan
masalah yang diakibatkan oleh paparan stimulus kepadanya. Sementara, tujuan
khususnya :
1.
Klien dapat mempersepsikan stimulus yang
dipaparkan kepadanya dengan tepat.
2.
Klien dapat menyelesaikan masalah yang timbul
dari stimulus yang dialami.
AKTIVITAS
DAN INDIKASI
Aktivitas
dibagi dalam empat bagian, yaitu mempersepsikan stimulus nyata sehari-hari,
stimulus nyata dan respon yang dialami dalam kehidupan, stimulus yang tidak
nyata dan respons yang dialami dalam kehidupan, serta stimulus nyata yang
mengakibatkan harga diri rendah.
Aktivitas
Mempersepsikan Stimulus Nyata Sehari-hari
a. Terapi
aktivitas kelompok (TAK) stimulasi persepsi : menonton televisi.
b. Terapi
aktivitas kelompok (TAK) stimulasi persepsi : membaca majalah/ Koran/ artikel.
c. Terapi
aktivitas kelompok (TAK) stimulasi persepsi : melihat gambar.
Klien yang mempunyai indikasi TAK ini
adalah klien perubahan sensoris persepsi dan klien menarik diri yang telah
mengikuti TAKS.
Aktivitas
Mempersepsikan Stimulus Nyata dan Respons yang Dialami dalam Kehidupan
Aktivitas
ini khususnya untuk klien prilaku kekerasan. Aktivitas ini dibagi dalam
beberapa sesi yang tidak dapat dipisahkan, yaitu :
a. Terapi
aktivitas kelompok stimulasi persepsi : mengenal kekerasan yang biasa dilakukan
(penyebab; tanda dan gejala; perilaku kekerasan; akibat perilaku kekerasan);
b. Terapi aktivitas
kelompok stimulasi persepsi : mencegah prilaku kekerasan melalui kegiatan
fisik;
c. Terapi
aktivitas kelompok stimulasi persepsi : mencegah prilaku kekerasan melalui
interaksi social asertif;
d. Terapi
aktivitas kelompok stimulasi persepsi : mencegah prilaku kekerasan melalui
kepatuhan minum obat;
e. Terapi
aktivitas kelompok stimulasi persepsi : mencegah prilaku kekerasan melalui
kegiatan ibadah.
Klien mempunyai TAK ini adalah klien
prilaku kekerasan yang telah kooperatif.
Aktivitas
Mempersepsikan Stimulus Tidak Nyata dan Respons yang Dialami dalam Kehidupan
Aktivitas
mempersiapakan stimulus tidak nyata dan respon yang dialami dalam kehidupan,
khususnya untuk klien halusinasi. Aktivitas dibagi dalam beberapa sesi yang tidak dapat dipisahkan, yaitu :
a. Terapi
aktivitas kelompok stimulasi persepsi : mengenal halusinasi;
b. Terapi
aktivitas kelompok stimulasi persepsi : mengusir/ menghardik halusinasi;
c. Terapi
aktivitas kelompok stimulasi persepsi : mengontrol halusinasi dengan melakukan
kegiatan;
d. Terapi
aktivitas kelompok stimulasi persepsi : mengontrol halusinasi dengan
bercakap-cakap;
e. Terapi
aktivitas kelompok stimulasi persepsi :mengontrol halusinasi dengan patuh minum
obat;
Klien yang mempunyai indikasi TAK ini
adalah klien halusinasi.
Aktivitas
Mempersepsikan Stimulus Nyata yang Menyebabkan Harga Diri Rendah
Aktivitas
ini dibagi dalam beberapa sesi yang tidak dapat dipisahkan, yaitu :
a. Terapi
aktivitas kelompok stimulasi persepsi : mengidentifikasi aspek yang membuat
harga diri rendah dan aspek positif kemampuan yang dimiliki selama hidup ( di
rumah dan di rumah sakit );
b. Terapi
aktivitas kelompok stimulasi persepsi : melatih kemampuan yang dapat digunakan
di rumah sakit dan di rumah.
Klien mempunyai indikasi TAK ini
adalah klien gannguan konsep diri: harga diri rendah.
BAB
II
ISI
ISI
TAK
STIMULASI PERSEPSI UMUM
A. Sesi 1 : Menonton Televisi
Tujuan
1.
Klien mampu menyebutkan apa yang dilihat.
2.
Klien dapat memberikan pendapat terhadap acara
TV yang ditonton.
3.
Klien dapat memberikan tanggapan terhadap
pendapat klien lain.
Setting
1.
Terapis dank lien duduk bersama setengah
lingkaran mengahadap TV.
2.
Ruangan nyaman dan tenang.
Alat
1.
Televisi dan / atau video player
2.
Kaset video
3.
Buku catatan dan pulpen
4.
Jadwal kegiatan pasien
Metode
1.
Dinamika kelompok
2.
Diskusi Dan Tanya jawab
Langkah
kegiatan
1.
Persiapan
a.
Memilih dan membuat kontrak dengan klien
sesuai dengan indikasi: klien perubahan sensori persepsi dank lien menarik diri
yang telah mengikuti TAKS.
b.
Mempersiapkan alat dan tempat pertemuan.
2.
Orientasi
a.
Salam terapeutik.
1.
Salam dari terapis
2.
Perkenalan nama, dan panggilan terapis (pakai
papan nama).
3.
Menanyakan nama dan panggilan semua klien
b.
Evaluasi
1.
Menanyakan perasaan klien saat ini.
2.
Menanyakan masalah yang dirasakan.
c.
Kontrak
1.
Menjelaskan tujuan kegiatan, yaitu menonton TV
dan bercakap-cakap tentang TV yang ditonton.
2.
Menjelaskan aturan main berikut :
·
Jika ada klien yang menginggalkan kelompok
harus meminta izin kepada terapis.
·
Lama kegiatan 45 menit.
·
Klien mengikuti kegiatan dari awal sampai
selesai.
3.
Tahap kerja
a.
Tentukan acara televisi yang menarik dan mudah
dimengerti oleh klien.
b.
Beri kesempatan bagi klien untuk menonton TV
selam 10 menit dan setelah itu TV dimatikan.
c.
Tanyakna pendapat seorang klien mengenai acara
TV yang telah ditonton.
d.
Tanyakna pendapat klien lain terhadap pendapat
klien sebelumnya.
e.
Berikan pujian/penghargaan atas kemampuan
klien member pendapat.
f.
Ulangi c,d dan e sampai semua klien mendapat
kesempatan.
g.
Beri kesimpulan tentang acara TV yang
ditonton.
4.
Tahap terminasi
a.
Evaluasi
1.
Terapis menanyakan perasaan klien setelah
mengikuti TAK.
2.
Terapis memberikan pujian atas keberhasilan
kelompok.
b.
Tindak lanjut
1.
Menganjurkan klien untuk melatih kemampuan
mempersepsikan tanyangan TV teretentu dan mendiskusikannya pada orang lain.
2.
Membuat jadwal nonton TV.
a.
Kontrak
yang akan datang
1.
Menyepakati kegiatan TAK yang akan dating
2.
Menyepakati waktu dan tempat.
Evaluasi
dan Dokumentasi
Evaluasi
Evaluasi
dilakuakan saat proses TAK berlangsung, khususnya pada tahap kerja. Aspek yang
dievaluasi adalah kemampuan klien sesuai dengan tujuan TAK. Untuk TAK stimulasi
persepsi umum, sesi 1 kemampuan yang diharapkan adalah member pendapat tentang
acara TV, member tanggapan terhadap klien lain dan mengikuti kegiatan sampai
selesai. Formulir evaluasi sebagai berikut.
Sesi 1 : TAK
Stimulasi
persepsi umum
Kemampuan
persepsi : Menonton TV
No
|
Aspek
yang di nilai
|
|
|
Nama klien
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Memberi
pendapat tentang acara TV
|
|
|
|
|
|
2
|
Memberi
tanggapan terhadap pendapat klien lain
|
|
|
|
|
|
3
|
Mengikuti
kegiatan sampai selesai
|
|
|
|
|
|
Petunjuk :
1.
Dibawah judul nama klien , tulis nama pangilan
klien tak ikut TAK.
2.
Untuk tiap klien , semua aspek di nilai dengan
member tanda ceklis Jika ditemukan pada
klien atau beri tanda silang jika tidak di temukan.
Dokumentasi
Dokumentasi
kemampuan yang di miliki klien ketika TAK pada catatan proses keperawatan tiap
klien. Contoh catatan : klien mengikuti TAK stimulasi stimulasi persepsi (TV),
klien mampu dan benar memberikan pendapat tentang acara tv, tetapi belum memberi
tanggapan pada pendapat klien lain. Anjur kan menonton TV bersama klien lain
dan bercakap-cakap tentang acara tv (buat jadwal)
B.
Sesi 2 : Membaca Majalah/Koran /Artikel
Tujuan
1.
Klien dapat menyebutkan kembali isi bacaan .
2.
Klien dapat menberikan pendapat terhadap isi
bacaan .
3.
Klien dapat memberikan tanggapan terhadap
pendapat klien lain.
Setting
1.
Terapis dan klien duduk bersama dalam
lingkaran .
2.
Ruangan nyaman dan tenang .
Alat
1.
Majalah/Koran/ artikel
2.
Buku catatan dan pulpen
3.
Jadwal kegiatan klien
Metode
1.
Dinamika kelompk
2.
Diskusi dan Tanya jawab
Langkah kegiatan
1.
Persiapan
a.
Membuat kontrak dengan klien tentang TAK
b.
Mempersiapkan alat dan tempat pertemuan.
2.
Orientasi
a.
Salam terapeutik
Salam
dari terapis kepada klien .
b.
Evaluasi/validasi
1.
Menanyakan perasaan klien saat ini.
2.
Menanyakan masalah yang di rasakan.
3.
Menanyakan penerapan TAK yang lalu.
c.
Kontrak
1.
Menjelaskan tujuan kegiatan , yaitu membaca
majalah /Koran/artikel
2.
Menjelaskan aturan main sebagai berikut
·
Jika ada klien yang ingin meninggalkan
kelompok , harus meminta izin kepada terapis.
·
Lama kegiatan 45 menit.
·
Setiap klien mengikuti kegiatan dari awal
sampai selesai.
3.
Tahap kerja
a.
Menentukan bacaan yang akan di baca.
b.
Bacalah isi majalah/Koran/artikel selama 10
menit (jika mungkin berikan foto copy bacaan kepada klien)
c.
Tanyakan pendapat seorang klien mengenai isi bacaan .
d.
Tanyakan pendapat klien lainterhadap pendapat
klien lain sebelumnya.
e.
Berikan pujian/ penghargaan atas kemampuan
klien member pendapat.
f.
Ulagi c, d, e, sampai semua klien mendapat
kesempatan .
g.
Beri kesimpulan tentang bacaan.
4.
Tahap terminasi
a.
Evaluasi
1.
Terapis menanyakan perasaaan klien setelah
mengikuti TAK.
2.
Terapis memberi pujian atas keberhasilan
kelompok.
b.
Tindak lanjut
1.
Menganjurkan klien untuk melatih kemampuan
membaca dan mendiskusikan kepada orang lain.
2.
Membuat jadwal membaca .
c.
Kontrak yang akan dating
1.
Menyepakati kegiatan TAK yang akan dating.
2.
Menyepakati waktu dan tempat.
Evaluasi Dan
dokumentasi
Evaluasi
Evaluasi
dilakukan saat proses TAK berlangsung , khusus nya pada tahap kerja . Aspek
yang akan di evaluasi adalah kemampuan klien sesuai dengan tujuan TAK. Untuk
TAK stimulasi persepsi umum sesi 2 , kemampuan yang di harapkan adalah member
pendapat tentang bacaan , memberi
tanggapan tehadap pendapat klien
lain dan mengikuti kegiatan sampai selesai . formulir evaluasi sebagai berikut.
Sesi 2 : TAK
Stimulasi persepsi umum
Kemampuan persepsi bacaan
No
|
Aspek
yang di nilai
|
|
|
Nama klien
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Memberi pendapat tentang bacaan
|
|
|
|
|
|
2
|
Memberi
tanggapan terhadap pendapat klien
|
|
|
|
|
|
3
|
Mengikuti
kegiatan sampai selesai
|
|
|
|
|
|
Petunjuk :
1.
Di bawah judul nama klien, tulis nama
panggilan klien yang ikut TAK.
2.
Untuk tiap klien , semua aspek yang di nilai
dengan member tanda ceklis jika di temukan pada klien tau beri tanda silang
jika tak di temukan.
Dokumentasi
Dokomentasikan
kemampuan yang di nilai klien sat TAK pada catatan keperawatan tiap klien .
Contoh
catatan ; klien mengikuti TAK stimulasi persepsi (baca) , klien mampu member
pendapat benar tentang bacaan dan memberi tanggapan terhadap pendapat klien
lain serta mengikuti samapai selesai , anjurkan klien membaca (buat jadwal)
C.
Sesi 3 : Melihat Gambar
Tujuan
1.
Klien dapat menyebutkan nama gambar yang di
lihat .
2.
Klien dapat member tanggapan terhadap pendapat
klien lain.
Setting
1.
Terapis dank lien duduk bersama dalam
lingkungan .
2.
Ruangan nyaman dan tenang.
Alat
1.
Beberapa gambar
2.
Buku catanan dan pulpen
3.
jadwal kegiatan klien.
Metode
1.
Dinamika kelompok
2.
Diskusi dan Tanya jawab
Langkah persiapan
1.
Persiapan
a.
Membuat kontrak dengan klien tentang TAK
b.
Membuat alat dan tempat bersama
2.
Orientasi
a.
Salam terapeutik
Salam
dari terapis kepada klien
b.
Evaluasi /validasi
1.
Menanyakan perasaan klien saat ini
2.
Menanyakan masalah yang di rasakan
3.
Menanyakan perasaan TAK yang lalu
c.
Kontrak
1.
Menjelaskan tujuan kegiatan ,yaitu melihat
gambar .
2.
Menjelaskan aturan berikut
§
Jika ada klien yang meninggal kan kelompok ,
harus meminta izin kepada terapis.
§
Lama kegiatan 45 menit.
§
Setiap klien yang mengikuti kegiatan dari awal
sampai selesai.
3.
Tahap kerja
a.
Tentukan 1 atau 2 gambar yang umum
b.
Tunjukan gambar pada klien
c.
Tanyakan pendapat seorang klien mengenai
gambar yang di lihat.
d.
Tanyakan pendapat klien lain terhadap
pendapat klien lain sebelum nya
e.
Berikan
pujian atau penghargaan atas kemampuan klien member pendapat.
f.
Ulangi c, d,e sampai semua klien mendapat
kesempatan
g.
Berikan kesimpulan pada tiap gambar yang di
paparkan .
4.
Tahap terminasi
a.
Evaluasi
1.
Terapis menanyakan perasaan klien setelah
mengikuti TAK
2.
Terapis memberikan pujian atas keberhasilan
kelompok.
b.
Tindak lanjut
1.
Menganjurka klien melatih melihat gambar ( di
TV. Koran , majalah , album)
Dengan
mendiskusikan nya dengan orang lai.
2.
Membuat jadwal melihat gambar.
Evaluasi dan dokumentasi
Evaluasi
Evaluasi
di lakukan saat proses TAK berlangsung , khusus nya pada tahap kerja.aspek yang
di evaluasi
Adalah
kemampuan klien sesuai dengan tujuan TAK .untuk tak stimulasi persepsi umum
sesi 3 kemampuan yang di harapkan adalah member pendapat tentang gambar ,
member tanggapan terhadap pendapat klien lain . dan mengikuti sambil
selesai.formulir evuluasi. Sebagai berikut.
No
|
Aspek
yang di nilai
|
|
|
Nama klien
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Memberi
pendapat tentang gambar
|
|
|
|
|
|
2
|
Member
tanggapan terhadap klien lain
|
|
|
|
|
|
3
|
Mengikuti
kegiatan sa,pai selesai
|
|
|
|
|
|
Sesi 3 : TAK
Stimulasi persepsi umum
Kemampuan persepsi melihat gambar
Petunjuk :
1.
Di bawah judul nama klien , tulis nama
paggilan klien yang ikut TAK .
2.
Untuk tiap klien , semua aspek yang di nilai
dengan member tanda ceklis jika di temukan pada klien tau beri tanda silang
jika tak di temukan.
Dokumentasi
Dokumentasi
kan lah kemampuan yang di miliki klien
saat TAK pada catatan proses keperawatan tiap klien. Contoh catatan : klien
mingikuti TAK stimulasi persepsi (melihat gambar ), klien tidak mampu
mengekpresi kan dan member tanggapan , namun member kegiatan sampai selesai .
anjurjan klien mengikuti tak stimulasi sensoris.
BAB
III
PENUTUP
PENUTUP
KESIMPULAN
Terapi
aktivitas kelompok stimulasi persepsi
adalah terapi yang menggunakan aktivitas sebagai stimulus dan terkait
dengan pengalaman dan/atau kehidupan untuk didiskusikan dalam kelompok.
Tujuannya
TAK stimulasi persepsi ialah klien mempunyai kemampuan untuk menyelesaikan
masalah yang diakibatkan oleh paparan stimulus kepadanya. Dan tujuan khususnya Klien
dapat mempersepsikan stimulus yang dipaparkan kepadanya dengan tepat, Klien
dapat menyelesaikan masalah yang timbul dari stimulus yang dialami.
Aktivitas
Mempersepsikan Stimulus Nyata Sehari-hari
v Terapi
aktivitas kelompok (TAK) stimulasi persepsi : menonton televisi.
a.
Klien mampu menyebutkan apa yang dilihat.
b.
Klien dapat memberikan pendapat terhadap acara
TV yang ditonton.
c.
Klien dapat memberikan tanggapan terhadap
pendapat klien lain.
v Terapi
aktivitas kelompok (TAK) stimulasi persepsi : membaca majalah/ Koran/ artikel.
a.
Klien dapat menyebutkan kembali isis bacaan .
b.
Klien dapat menberikan pendapat terhadap isi
bacaan .
c.
Klien dapat memberikan tanggapan terhadap
pendapat klien lain.
v Terapi
aktivitas kelompok (TAK) stimulasi persepsi : melihat gambar.
a.
Klien dapat menyebutkan nama gambar yang di
lihat .
b.
Klien dapat member tanggapan terhadap pendapat
klien lain.
kak kasih dapusnya dong... biar bisa nambah refrensi gitu.
BalasHapus